Bisnis

Bisnis Baik Atau Bisnis Sukses, Apa Perbedaannya?

Untuk itu dalam menciptakan persaingan perlu ada kekuatan-kekuatan yang seimbang dalam dunia bisnis tersebut. Tahap terakhir, bila semua pertimbangan di atas sudah dibahas bersama dan Anda menemukan orang yang sesuai dengan visi dan misi Anda, buatlah kontrak bersama. Biarpun teman sendiri, perjanjian secara tertulis dapat membantu Anda berbisnis agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di masa depan. 1) untuk mendorong kesadaran moral dan memberikan batasan-batasan bagi para pengusaha atau pelaku bisnis .

Etika dalam berbisnis

Jika Anda membohongi klien maka itu bisa membuat bisnis Anda memiliki citra yang buruk. Pelaku usaha harus menjalankan usahanya dengan sebaik-baiknya agar semua pihak yang terlibat dapat memperoleh keuntungan. Seperti halnya asas keadilan, asas memberi manfaat juga bertujuan untuk mencegah hanya satu pihak yang memperoleh manfaat. Contoh lainnya dari berbisnis yang baik adalah tidak segan untuk mengucapkan terimakasih saat kegiatan assembly atau kontak dengan klien. Selain itu sudah menjadi keharusan bukan untuk berterimakasih pada orang lain dalam kehidupan bersosial.

Mematuhi aturan hukum nantinya juga akan berdampak baik terhadap kelangsungan bisnis yang dijalani. Konsumen pun lebih percaya terhadap bisnis yang sesuai dengan aturan hukum di Indonesia. Contohnya saja, jika perusahaan mengeluarkan produk tanpa izin BPOM, tentu konsumen akan berfikir dua kali untuk membelinya. Sedangkan Hill dan Jones menjabarkan etika bisnis sebagai ajaran untuk membedakan salah dan benar. Hampir serupa denngan Hill dan Jones, Velasques menyebut etika bisnis berkonsentrasi pada standar ethical sebagaimana diterapkan dalam kebijakan, institusi, dan perilaku bisnis.

Untuk memenuhi tuntunan keadilan dan kesatuan, manusia perlu mempertanggungjawabkan tindakannya. Ia menetapkan batasan mengenai apa yang bebas dilakukan oleh manusia dengan bertanggungjawab atas semua yang dilakukannya. Ditandai pemberontakan terhadap kuasa dan otoritas di Amerika Serikat , revolusi mahasiswa , penolakan terhadap establishment . Hal ini memberi perhatian pada dunia pendidikan khususnya manajemen, yaitu dengan menambahkan mata kuliah baru dalam kurikulum dengan nama Business and Society. Topik yang paling sering dibahas adalah corporate social accountability. Bisnis adalah suatu organisasi yang menyediakan barang atau jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan.

Agama telah mengatur seseorang dalam melakukan hubungan dengan orang sehingga dapat dinyatakan bahwa orang yang mendasarkan bisnisnya pada agama akan memiliki moral yang terpuji dalam melakukan bisnis. Perlunya sebagian etika bisnis dituangkan dalam suatu hukum positif yang menjadi Peraturan Perundang-Undangan dimaksudkan untuk menjamin kepastian hukum dari etika bisnis tersebut, seperti “proteksi” terhadap pengusaha lemah. Prinsip Otonomi ;yaitu sikap dan kemampuan manusia untuk mengambil keputusan dan bertindak berdasarkan kesadarannya tentang apa yang dianggapnya baik untuk dilakukan.

Anda tidak boleh mengedepankan nilai ego ketika melakukan sebuah bisnis. Untuk bisa memutuskan suatu keputusan dalam dunia bisnis, Anda harus mempunyai sikap dewasa. Jika Anda memiliki sikap tidak dewasa maka akan membuat rekan bisnis ragu untuk menjalin hubungan bisnis dengan Anda. Itulah pengertian, tujuan, contoh, prinsip dan manfaat etika bisnis yang harus dimiliki. Tujuan dari penerapan etika bisnis juga merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan.

Lalu yang penting lainnya dalam berbisnis yakni memiliki loyalitas yang tinggi terhadap bisnis yang di jalani. Loyalitas dapat dilihat dari kerja keras dan keseriusan dalam menjalani bisnis, bekerja sesuai dengan visi dan misi, serta tidak mencampur adukan urusan pekerjaan dengan urusan pribadi. Ketika membangun suatu bisnis diperlukan kejujuran saat berkomunikasi maupun bersikap dengan mitra kerja dan konsumen, sehingga usaha yang dingun akan semakin di percaya. Dengan biasa menjelaskan tanggung jawab sosial atau dengan menggunakan pendekatan sosial perusahaan tidak hanya mendapatkan keuntungan dari segi ekonomi saja, tapi mendapatkan keuntungan dari segi sosial juga. Jika perusahaan telah bertanggung jawab dari segi sosial maka usaha akan berjalannya secara baik, sehingga secara tidak langsung perusahaan akan terhindar dari konflik sosial yang dapat merugikan. Etika bisnis adalah suatu ajaran untuk membedakan antara salah dan benar.